Tuesday, April 9, 2013

perkembangan Jembatan Dalam Zaman Modern

9:59 AM



Jembatan Dalam Zaman Modern

Jembatan adalah hasil rekayasa manusia yang berupa konstruksi atau struktur yang pada umumnya digunakan sebagai penghubung antar dua bagian tanah yang terpisah. Pada awalnya jembatan dibuat untuk menyeberangi sungai, kali, dan sebagainya.
Pembangunan yang dilakukan oleh negara berkembang dan negara maju sangat dipengaruhi dari moda transportasi dari negara tersebut. Dan seperti yang kita ketahui bahwa jembatan adalah salah satu moda transportasi. Jadi, perancangan jembatan pada sebuah negara sangat penting untuk kemajuan dari negara tersebut. Hal ini karena peningkatan aktifitas perekonomian dan perindustrian negara harus didukung dengan akses transportasi yang baik.
Tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah perencanaan jembatan harus ekonomis, efisien, dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Biaya dalam pembangunan sebuah jembatan harus diperhitungkan dengan sangat ekonomis, sehingga biaya yang berlebihan bisa disalurkan untuk pembangunan dalam bidang lain di sebuah daerah atau negara. Sebuah tim perencana harus memikirkan dengan matang untuk apa jembatan itu akan difungsikan. Karena keefisienan dalam perencanaan akan biaya pembangunan jembatan. Selain memikirkan keefisienan dalam perancangan jembatan, tim perencana harus memasukkan nilai-nilai estetika dalam perancangan jembatan. Karena tak dapat dipungkiri, nilai estetika bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk jembatan tersebut. Bahkan bentuk yang artistik bisa menambahkan fungsi pada jembatan itu sendiri, selain untuk moda transportasi juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi yang indah dan menarik.
Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat membuat banyak negara maju dan berkembang berlomba-lomba untuk merancang jembatan yang memiliki bentang sangat panjang dan juga memiliki bentuk fisik yang tidak hanya indah tapi juga unik. Jembatan yang memiliki bentang sangat panjang dibangun tidak hanya untuk menghubungkan dua bidang tanah yang terpisah tetapi juga menghubungkan dua daerah atau pulau yang terpisah sangat jauh. Contoh jembatan terpanjang seperti jembatan Donghai (Gambar 1.1) di China yang memiliki panjang hingga 32.500 m atau jembatan Lake Pontchartrain (Gambar 1.2) di Amerika yang memilik panjang hingga 38.420 m. Selain jembatan bentang panjang, sudah banyak ditemui jembatan diberbagai negara yang memiliki nilai artistik dan juga bentuk yang unik. Contoh jembatan unik seperti jembatan Rolling (Gambar 1.3) di Inggris atau jembatan Oliveira (Gambar 1.4) di brazil yang memiliki arsitektur yang indah dan spektakuler.
Pemanfaatan jembatan dengan bentang sangat panjang dapat mempermudah akses transportasi dalam perkembangan ekonomi suatu daerah, khususnya transportasi darat. Jembatan bentang panjang ini meminimalisir dana transportasi yang biasa digunakan lebih banyak jika lewat transportasi laut atau bahkan udara. Sedangkan pemanfaatan jembatan-jembatan yang memiliki desain yang indah dan juga unik selain untuk penyeberangan secara umum, tapi juga biasa ditambah fungsikan sebagai objek wisata atau tempat rekreasi pada suatu daerah.
          
  Gambar 1.1 (Jembatan Donghai)        Gambar 1.2 (Jembatan Lake Pontchartrain)
            
   Gambar 1.3 (Jembatan Rolling)                   Gambar 1.4 (Jembatan Oliveira)

Karena semakin bertambahnya fungsi jembatan dari tahun ke tahun, maka diharapkan segenap pemerintah dari seluruh daerah atau negara khusus nya negara Indonesia bisa lebih memperhatikan perancangan jembatan. Jembatan yang baik bisa menghasilkan akses transportasi yang baik pula, dan ketika akses transportasi berjalan dengan lancar, maka aktifitas industri dan perekonomian daerah atau negara bisa berkembang dengan baik.


  















Writed by  :  Muhammad Aslam Nur
Mahasiswa Teknik Sipil UMY

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 berbagi itu indah. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top